Home Breaking News 50 Persen Kendaraan Bermotor di Bengkulu Tak Bayar Pajak

50 Persen Kendaraan Bermotor di Bengkulu Tak Bayar Pajak

196
Keramaian arus lalu lintas di salah satu jalan di Bengkulu. Tak dinyana, 50% kendaraan bermotor di proivinsi ini ternyata tak bayar pajak. (Foto: Ist)

BENGKULU, CITRAINDONESIA.COM- Kepala Biro Keuangan Pemprov Bengkulu, Ediansyah, mengatakan, 50% dari 70.000 unit kendaraan bermotor di provinsinya, atau 35.000 unit, menunggak pembayaran pajak.

“Data penunggak pajak kalau dipersentasekan masih ada 50% yang belum bayar,” katanya, Jumat (26/8/2016).

Ia menambahkan, tunggakan terjadi karena kendaraan-kendaraan itu telah mati pajaknya, dan si pemilik kebanyakan tinggal di pedesaan.

Karena tunggakan ini, pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor ini rendah, sehingga pihaknya akan menemui Dirlantas Polda Bengkulu dan Jasa Raharja agar pajak kendaraan yang mati itu dapat diputihkan pada Oktober 2016 mendatang.

“Tujuannya untuk bersama-sama menggenjot pendapatan dari retribusi,” imbuhnya.

Tapi ternyata tak hanya kendaraan bermotor pribadi yang nunggak pajak, karena kendaraan milik pemerintah pun sama saja. Sayangnya, Edi mengaku tak tahu jumah pastinya.

“Yang banyak tidak dibayar pajaknya adalah motor bekas pemberian kementerian yang diserahkan ke daerah. Alasan tidak bayar pajak karena BPKB-nya tidak ada,” jelasnya. (ica)

Komentar

Komentar