Home Breaking News 5 Kuliner Nusantara Cocok Jadi Takjil Berbuka Puasa

5 Kuliner Nusantara Cocok Jadi Takjil Berbuka Puasa

261
Berbagai tampilan minuman yang sesuai dinikmati saat berbuka puasa. (Foto: infobignews.com)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Indonesia gak cuma kaya dengan keindahan alamnya, tapi juga kulinernya yang menggoyang lidah. Tak terkecuali beraneka kuliner segar khas Nusantara yang cocok dijadikan takjil buat berbuka puasa.

Anda dapat mencoba berbagai pilihan minuman segar untuk buka puasa yang nikmat dan akan melepaskan peluh serta dahaga setelah seharian berpuasa.

Berikut 5 kuliber Nusantara yang cocok untuk takjil berbuka puasa:

1. Es pisang ijo

Es pisang ijo adalah salah satu kuliner asli Makassar yang kini bisa ditemukan dengan mudah di berbagai pelosok daerah di Indonesia. Apalagi, kalau bulan puasa kayak gini, penjual yang menjajakan minuman segar yang satu ini tambah menjamur deh.

Es pisang ijo dibuat dari pisang raja yang dilapisi dengan adonan dari tepung beras. Adonan tepung beras ini dicampur dengan perasan daun pandan dan daun suji sehingga menghasilkan warna hijau yang alami.

Es pisang ijo umumnya disajikan dengan saus dari santan dan tepung beras, es serut, serta sirup manis. Oh iya, kuliner ini beda lho dengan es palu butung, meski sama-sama berbahan dasar pisang dan rasanya manis. Es palu butung gak dibungkus lapisan yang warnanya hijau itu.

2. Es kacang merah

Kacang merah ternyata gak cuma enak disajikan hangat-hangat dalam sup. Di daerah Palembang dan Manado, kacang merah diolah menjadi salah satu kuliner nikmat pelepas dahaga bernama es kacang merah. Penasaran gimana rasanya kacang merah dicampur dengan es serut yang disiram sirup atau susu kental manis?

Cara penyajiannya di kedua daerah ini memang agak berbeda. Di Palembang, es kacang merah ini disajikan dengan es serut dan siraman sirup merah atau sirup pandan. Sementara, di Manado, es kacang merahnya disantap bersama campuran susu kental manis putih dan cokelat.

3. Es dawet

Segelas dawet ayu khas Banjarnegara memang gak boleh dilewatkan sebagai menu takjil berbuka puasa. Apalagi, minuman segar yang satu ini gak cuma ada di Banjarnegara, tapi juga bisa ditemukan di kota-kota lainnya.

Rasa dawetnya yang lembut dan kenyal berpadu dengan manisnya gula merah dan santan, mantap banget diteguk ketika berbuka. Hmm, kayaknya gak cukup nih kalau cuma segelas aja!

4. Es oyen

Es oyen adalah es campur asal Bandung yang kini tengah naik daun. Habisnya, siapa sih yang gak tergoda oleh kesegarannya? Beraneka buah dicampur menjadi satu, menghasilkan rasa manis dan menyegarkan yang khas. Bahan utamanya adalah es dan pacar cina yang dicampurkan dengan aneka buah-buahan seperti kelapa muda, alpukat, kolang-kaling, nangka, sampai durian.

5. Es lidah buaya

Lidah buaya ternyata gak cuma bisa dimanfaatkan untuk kosmetik aja, lho. Tanaman eksotis yang satu ini ternyata bisa juga diolah menjadi minuman yang nikmat dan berkhasiat. Tapi bukan sembarang lidah buaya bisa dikonsumsi, cuma jenis Aloe vera barbadensis aja yang bisa diolah menjadi bahan pangan.

Nah, lidah buaya jenis ini ternyata banyak tumbuh di Indonesia, terutama di Kalimantan. Di Pontianak, lidah buaya disulap menjadi es lidah buaya yang menyegarkan. Sepintas bentuknya akan mengingatkanmu pada nata de coco yang kenyal itu. Tak cuma lezat, minuman ini juga kaya nutrisi, lho!

Komentar

Komentar