Home Breaking News 5 Gejala Stres Penting Diketahui

5 Gejala Stres Penting Diketahui

246
Gangguan kesehatan mental seperti stress ini tidak sedikit orang yang mengalaminya. karena itu perlu sekali mengelola stress dengan baik agar tidak mengalami stress.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Seperti yang dikutip dari wikipedia, stres tidak selalu buruk, walaupun biasanya dibahas dalam konteks negatif, karena stres memiliki nilai positif ketika menjadi peluang saat menawarkan potensi hasil.

Stres adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Tekanan ini muncul dari kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Tekanan ini bisa berasal dari dalam diri, atau dari luar.

Sebagai contoh, banyak profesional memandang tekanan berupa beban kerja yang berat dan tenggat waktu yang mepet sebagai tantangan positif yang menaikkan mutu pekerjaan mereka dan kepuasan yang mereka dapatkan dari pekerjaan mereka.

Masyarakat modern kian akrab dengan stres atau tekanan jiwa. Banyak hal bisa menjadi pemicunya, seperti pekerjaan, masalah keluarga, bahkan kemacetan lalu-lintas yang semakin menggila.

Stres bisa mempengaruhi kondisi fisik dan mental seseorang. Karena itu penting sekali mengelola stres agar tetap terkendali, sehingga penting untuk mengenali gejalanya.

Berikut 5 gejala stres yang penting untuk diketahui dan tidak bisa diremehkan:

1. Gejala stres di kepala

Pernahkah anda merasa depresi, cemas, mood berubah, berpikir negatif, dan gangguan tidur? Jika merasakannya, ada baiknya segera melakukan relaksasi. Pasalnya itu adalah gejala stres.

2. Gejala stres di jantung dan paru-paru

Dua organ ini bisa menjadi penanda kondisi anda. Biasanya stres ditandai dengan masalah jantung, menggigil, dan tekanan darah tinggi.

3. Gejala stres di kulit

Pada kulit, stres biasanya ditandai dengan keringat, eksim dan psoriasis atau peradangan kronis pada kulit.

4. Gejala stres pada otot

Jangan biarkan ketika otot kaku dan nyeri. Karena itu tanda anda kehilangan fungsi otot. Segeralah beristirahat atau melakukan relaksasi.

5. Gejala stres pada sistem pencernaan

Biasanya stres bisa dilihat pula pada sistem pencernaan. Tanda-tandanya antara lain, ulkus kronis, hilang nafsu makan, dan sindrom iritasi usus besar.

(pemi)

Komentar

Komentar