Home Breaking News 493 Siswa di China Terpapar Limbah Eks Pabrik Kimia

493 Siswa di China Terpapar Limbah Eks Pabrik Kimia

319
Dua pengendara sepeda menembus kawasan yang dicemarin polusi asap barik, yang membuat udara di sana menjadi tak sehat. (Foto: AFP)

CHANGZHOU, CITRAINDONESIA.COM- Otoritas China tengah menyelidiki penyebab sakitnya ratusan anak yang belajar di sebuah sekolah bahasa yang dibangun di dekat bekas lokasi industri yang tercemar di Kota Changzhou.

“Di antara anak-anak itu ada yang terserang penyakit kanker,” demikian dikutip dari Reuters, Senin (18/4/2016).

Sejak Desember lalu ratusan siswa di sekolah yang berjarak sekitar 100 km di barat laut Shanghai itu mengeluhkan aroma tidak biasa yang berasal dari tiga bekas pabrik kimia di dekat sekolah mereka.

China Central Television (CCTV), televisi lokal di China, melaporkan bahwa dari 641 siswa di sekolah itu, 493 orang di antaranya didiagnosa menderita berbagai macam penyakit, mulai dari batuk kronis, sakit kepala, hingga kelainan darah, limfoma dan leukemia.

Para orangtua siswa mengaku, selama ini mereka telah curiga bahwa penyakit yang diderita anak-anak mereka ada hubungannya dengan eks pabrik kimia yang berlokasi di dekat sekolah yang mulai beroperasi sejak September 2015 itu, dan mendesak agar sekolah direlokasi ke daerah lain.

Pencemaran lingkungan yang menyebar luas di Negeri Tirai Bambu itu merupakan warisan dari gelapnya pengelolaanm sektor industri dan pertambangan yang sejak 1970-an diekspansi secara besar-besaran.

Partai Komunis China (PKC) yang saat ini berkuasa, dalam beberapa tahun terakhir mengerahkan lebih banyak sumber daya dan perhatian untuk membersihkan polusi di kota tersebut, baik polusi udara, air dan tanah.

Sayang, upaya ini membutuhkan waktu yang panjang untuk bisa diselesaikan mengingat telah parahnya pencemaran di negara itu. (man)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar