Home Breaking News 40 Hektare Sawah Terdampak Banjir dan Puso

40 Hektare Sawah Terdampak Banjir dan Puso

58
Sawah yang kebanjiran. (Foto: Infogambar)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Kementerian Pertanian mencatat ada sekitar 40 hektare Sawah petani di Indonesia terdampak Banjir dan Puso, tersebar di beberapa wilayah Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

“Kita sudah siapkan asuransi 1 juta hektar, yang sudah terdaftat sampai saat ini. Itu ada sekitar 647 ribu hektar,” jelas Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Senin (4/12/2017).

Selain itu juga Kementerian Pertanian telah mengantisipasi terjadinya banjir tersebut sejak tiga bulan yang lalu dengan cara menyelesaikan irigasi tersier 3 juta hektar.

Pembangunan tersebut dapat diselesaikan dalam kurun waktu 1 tahun 2 bulan yang sebelumnya diagendakan dapat selesai dalam waktu 3 tahun.

“Kita juga membangun embung 30 ribu unit dan membangun sumur dangkal dan sumur dalam tang sebelumnya sudah dilakukan di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Lalu juga membangun Long Storage dan bagi pompa 40 ribu unit pertahun,” paparnya.

Dengan melakukan antisipasi tersebut maka hasilnya adalah saat ini bahwa pasokan dan harga beras di Pasar Induk Beras Cipinang stabil.

“Produksi dan panen kita masih aman, bahkan surplus 400 ribu Ton kan,” tutup Amran. (Ning)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar