Home SPORT Balap 4 Rookie Siap Tampil di Motogp 2017

4 Rookie Siap Tampil di Motogp 2017

269
Motogp

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Motogp 2017 bakal bergulir pada 26 Maret 2017 mendatang. Sebanyak 4 rookie atau debutan dipastikan tampil di ajang balap motor terpopuler ini.

Berikut profil 4 pembalap anyar tersebut seperti dikutip dari Okezone, Jumat (17/3/2017):

1. Alex Rins (Spanyol/21 tahun)

Alex Rins akan membalap Suzuki Ecstar pada Motogp 2017. Keputusan Suzuki untuk menggunakan jasa Rins sendiri sempat dipertanyakan. Pasalnya, tim pabrikan asal Jepang itu lebih memilih seorang debutan ketimbang mempertahankan Aleix Espagaro.

Rins akan berduet dengan Andrea Iannone. Iannone bergabung dengan Suzuki untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh Maverick Vinales. Vinales sendiri sebelumnya juga merupakan rookie yang kemudian bersinar bersama Suzuki sebelum akhirnya hengkang ke Yamaha Movistar.

Team Principal Suzuki Ecstar, Davide Brivio, pun sempat menyatakan kalau dirinya siap untuk menjadikan Rins menjadi sehebat dan sefenomenal Vinales. Ya, Suzuki akan menyiapkan Rins dengan cara dan strategi yang sama seperti Vinales.

2. Jonas Folger (Jerman/23 tahun)

Monster Yamaha Tech 3 musim ini akan diperkuat Jonas Folger, yang digaet setelah tampil cemerlang di Moto2. Pembalap berusia 22 tahun itu dikontrak selama satu musim dengan opsi penambahan kontrak.

Rider asal Jerman ini bakal mengisi posisi Bradley Smith yang memilih hijrah ke KTM. Johann Zarco melengkapi daftar pembalap Tech 3 Yamaha untuk MotoGP 2017. Tim yang bermarkas di Prancis itu secara resmi mengumumkan telah mengontrak juara dunia Moto2 2015, Johann Zarco, jelang Motogp Jerman di Sirkuit Sachsenring, Kamis (14/7/2016).

3. Johann Zarco (Prancis/26 tahun)

Johann Zarco diikat Monster Yamaha Tech 3 selama setahun dengan opsi perpanjangan pada Motogp 2018. Ya, rider asal Prancis itu akan berduet dengan sesama jebolan Moto2, Folger. Zarco bakal menggantikan posisi Pol Espargaro, yang seperti Bradley Smith juga hijrah ke KTM.

Keputusan Tech 3 ini membuat tim satelit Yamaha tersebut menurunkan dua rider debutan untuk kali pertama sejak musim perdana mereka di Motogp, pada 2001 silam. Kala itu, Tech 3 mengandalkan dua lulusan kelas 250cc, Olivier Jacque dari Prancis dan Shinya Nakano (Jepang).

4. Sam Lowes (Inggris/26 tahun)

Nama terakhir yang akan menjalani debut di kelas Motogp musim ini adalah Sam Lowes. Rider yang juga naik kasta dari Moto2 itu akan bergabung dengan Aprilia Gresini dan bertandem dengan Aleix Espargaro.

Lowes sejatinya telah resmi menjadi pebalap Aprilia sejak 2016, tapi dia hanya menghabiskan tahun pertamanya sebagai test rider dan tetap berada di kelas Moto2. Rider asal Inggris itu baru akan resmi turun di Motogp pada tahun kedua, yakni di musim ini dan tahun ketiga. Dengan keuntungan pernah menjabat test rider, Lowes tentu memiliki kesempatan untuk mengenal motor RS-GP milik Aprilia lebih banyak ketimbang rider–rider debutan lainnya.

Komentar

Komentar