Home Breaking News 4 Rekomendasi Hidangan Khas Natal di Indonesia

4 Rekomendasi Hidangan Khas Natal di Indonesia

70
Hidangan Natal

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Perayaan Hari Natal sudah dekat. Semangat untuk menyambut Hari Natal pun sudah bisa dilakukan seperti memasang pohon Natal, mendekorasi rumah atau berbelanja untuk memasak nanti.

Sebagai acuan untuk memasak pada hari Natal, situs pasar pengiriman makanan global secara online terkemuka di Indonesia, Foodpanda, merekomendasikan sejumlah makanan khusus yang disajikan pada hari Natal dari beberapa daerah di Indonesia.

1. Ayam Rica-Rica (Manado)

Gambar terkait

Ayam rica-rica adalah salah satu makanan khas dari Manado, Sulawesi Utara. Kata rica dalam bahasa berasal Manado berarti “pedas” atau “cabai”. Resep untuk membuat Ayam rica-rica sangat beragam, begitu pula cara memasak, kesamaan hanya terletak pada rasa pedas. Ayam rica-rica biasanya disajikan dengan nasi dan bahan pelengkap seperti bawang goreng dan mentimun.

2. Kue Lapet (Sumut)

Hasil gambar untuk Kue Lampet/Lapet (Sumut)

Lampet atau sering ditulis Lapet adalah jajanan tradisional Batak dari Tapanuli, Sumatera Utara. Kue ini biasanya berbentuk seperti piramida dan dibungkus daun pisang. Proses pembuatannya tidak begitu rumit, mulai dari mencampur tepung beras dan kelapa parut lalu ditambah oleh parut gula dan air. Setelah adonan penuh kemudian dibungkus dengan daun pisang dan kukus sampai matang.

3. Kue Bagea/ Bagea (NTT)

Hasil gambar untuk Kue Bagia/ Bagea (NTT)

Bagea biasanya berbentuk bulat dengan warna coklat pucat. Bagea terbuat dari sagu. Bahan untuk membuat bagea adalah gula halus, biji kenari cincang, tepung sagu, minyak sayur, tepung terigu yang diayak, kacang cincang halus, bubuk kayu manis, dan bubuk cengkeh. Cemilan ini sangat pas dipadukan dengan teh/kopi saat kumpul dengan keluarga di hari Natal nanti.

4. Ikan Kuah Kuning (Ambon)

Gambar terkait

Ikan Kuah Kuning terdiri dari ikan tuna atau ikan mubara yang dibumbui dengan kunyit dan kapur. Ikan saus kuning menjadi makanan wajib saat pada perayaan Natal. Makanan ini biasanya dipadukan dengan Papeda, hidangan utama di Ambon selain nasi.

Sumber: Foodpanda

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar