Home Breaking News 4 Program Prioritas Penggunaan Dana Desa

4 Program Prioritas Penggunaan Dana Desa

175
Ilustrasi, (Foto: istimewa)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Taufik Madjid menjelaskan ada 4 program prioritas terkait penggunaan dana desa.

“Yang pertama adalah program unggulan kawasan pedesaan. Jadi, desa tumbuh dan berkembang atas potensi yang dimilikinya,” kata Taufik, dalam sebuah diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (19/8/2017).

Menurut, dana desa harus dapat dikelola untuk menunjang clusterisasi ekonomi atau pengelompokan desa sesuai potensi yang dimiliki, agar dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.

Kedua adalah penguatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Jika pendapatan BUMDes dalam 1 tahun sebesar Rp1 miliar, maka BUMDes di 74.000 desa dapat menghasilkan Rp75 triliun tiap tahunnya.

“Ketiga, dana desa juga dipergunakan untuk membangun embung di desa. Sebab, 80% desa di Indonesia adalah desa pertanian,” ungkapnya.

Kekurangan air, lanjut dia, dapat menghambat produktivitas pertanian. Maka dana desa dapat dikelola untuk membangun embung di desa-desa yang kekurangan air.

Keempat, adalah penyelenggaraan event olahraga desa, seperti liga desa. Menurut dia, event tersebut tidak hanya meningkatkan prestasi atlet di desa, tapi juga meningkatkan perekonomian desa.

“Harapannya, empat program prioritas ini bisa menggerakkan ekonomi dan meningkatkan perekonomian desa. Dana desa dipersembahkan untuk itu, tinggal bagaimana kami mengawal agar bisa diimplementasikan,” kata Taufik.

Di sisi lain, Taufik menyebut pemerintah juga melakukan penguatan pengawasan. Saat ini, lanjut dia, sudah terbentuk Satgas Dana Desa, Jaga Desa, dan lain-lain. Selain itu, berbagai channel aduan juga sudah dibentuk oleh Komisi Pengawasan Korupsi (KPK) dan lembaga lainnya.

“Kemudian kami perkuat fungsi inspektorat, camat, dan perangkat yang dekat dengan dana desa. Suatu kerangka yang masif akan menjaga dana desa agar bisa dikelola dengan baik,” katanya. (*)

Komentar

Komentar