Home Breaking News Iran : Pemerintah AS Kehilangan Kredibilitas Dimata Dunia

Iran : Pemerintah AS Kehilangan Kredibilitas Dimata Dunia

1283
Duta Besar Russian untuk PBB Vassily Nebenzia bicara dengan Nikki Haley utusan AS di PBB bahas tentang Iran- foto bbc

RUSIA, CITRAINDONESIA.COM- Rusia kritik keras AS karena mendoring Dewan Keamanan PBB untuk mendingdak Iran, menyusul aksi demonstrasi anti pemerintahan selama seminggu.

Utusan Rusia Vassily Nebenzia mengatakan, langkah ‘provokasi’ AS mencampuri ‘urusan internal’ Iran adalah merusak mastabat badan tertinggi PBB tersebut.

  • Ayatollah Ali Khamenei Klaim Demo di IranĀ  Negara

‘Aksi pecah belah’ beberapa menit sebelumnya, Duta Besar AS, Nikki Haley ikut memuji para pelaku demonstrasi anti pemerintah Iran yang dia sebut sebagai ‘orang-orang pemberani’.

Duta Besar Iran, tuding Pemerintah Persiden Donald Trump menyalahgunakan kekuasaannya sebagai anggota tetap dewan tersebut. Sedikitnya 21 orang tewas dalam demonstrasi tersebut.

Mereka pecah di satu kota Iran pada akhir Desember melawan keadaan ekonomi dan yang kemudian maju menjadi isu korupsi hingga aksi demo viral ke puluhan kota, dengan slogan-slogan melawan pemerintah dan ulama yang berkuasa.

Pada hari Rabu, kepala Garda Revolusi Iran mengumumkan kekalahan dari apa yang dia sebut sebagai “hasutan” negara – negara luar.

Sejumlah negara mengkritik AS karena telah mengadakan pertemuan darurat Dewan Keamanan.

AS telah ‘kehilangan segenap otoritas moral dan politik, otoritas dan kredibilitas di mata seluruh dunia’, tegas utusan Iran, Gholamali Khoshroo.

Menteri Luar Negeri Javad Zarif tweeted juga mengatakan Dewan Keamanan harus ‘menolak usaha telanjang AS membajak mandatnya’. (bbc/oca)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar