Home Breaking News Lagi Indonesia Ekspor Bawang Merah 30 Ton

Lagi Indonesia Ekspor Bawang Merah 30 Ton

183
Bawang Merah dan kunker Dirjen Horti Kementan Spudnik Sujono (paling kiri). (Foto Ningsih/citraindonesia.com).

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Lagi 30 Ton Bawang Merah Organik hasil petani Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT) memasuki pasar eksport ke Timor Leste, Kamis (12/10/2017).

“Ekspor perdana 30 ton,  sebagai pembuka ekspor komoditas pertanian kita ke Timor Leste,” ujar Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Infrastruktur, Ani Andayani yang juga Penanggung Jawab UPSUS PaJaLe Prov. Nusa Tenggara Timur,  kepada media, Rabu malam (11/10/2017) di sela-sela persiapan ekspor komoditas itu.

Rencana ekspor ke Timor Leste, sudah dipersiapkan  dengan memenuhi semua dokumen ekspornya. Ekspor itu dilakukan dari Pintu Perbatasan Mota Masin, Kab. Malaka.

Pelepasan ekspor perdana itu kata dia akan dihadiri Sekjen Kementerian Pertanian dan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Veteriner dan jajaran pejabat Provinsi NTT dan Kabupaten.

Langkah tersebut menurutnya sebagai upaya mengoptimalkan sisi perbatasan wilayah Republik Indonesia dengan Negara Tetangga seperti, Timor Leste, Mslaysia, Brunei, Papua Nugini dan Singapura.

“Kita mengoptimalkan pusat pertumbuhan ekonomi dari batas negeri,  seperti amanat NAWACITA Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla,” tegas Ani.

Sebelumnya Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, menetapkan Program Membangun Lumbung Pangan Berorientasi Ekspor diperbatasan, seperti NusaTenggara Timur, Sumatera, Maluku dan Kalimantan.

Dijelaskan, luas areal tanaman bawang merah, Prov. NTT. 1.231 ha (2016) naik 22.5% dari target di kabupaten Malaka 200 hektar dari  potensi 3000- 4000 hektar. Rata-rata produktivitas 16 ton/ha, memasok kebutuhan Timor Leste dari 4 pintu masuk yaitu, Kabupaten Malaka, Belu, TTU dan Kupang. (olo)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar