Home Breaking News 3 Manfaat Istirahat Bagi ‘Full Mom’

3 Manfaat Istirahat Bagi ‘Full Mom’

118
"Full Mom" ilustrasi ibu rumah tangga yang super sibuk.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Menjadi seorang ibu yang menghabiskan seluruh waktunya untuk keluarga (full mom) tidaklah mudah. Semua hal dan keperluan keluarga seolah menjadi tanggung jawab sang ibu.

Sebagaimana manusia lainnya, ibu juga memiliki batasan dan pastinya membutuhkan ‘me time’ untuk memanjakan diri. Selain itu, mengambil sejenak waktu beristirahat di tengah kesibukan nyatanya memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Berikut manfaat yang akan Anda dapatkan, seperti dikutip dari klikdokter:

1. Menghindari stres

Pekerjaan yang menumpuk mulai dari menyiapkan makanan untuk keluarga, membantu anak mengerjakan PR, membersihkan rumah menjadi rutinitas sehari-hari bagi seorang full mom. Jika dilakukan secara terus menerus, justru bisa membuat seorang ibu menjadi stres.

Seorang ahli bidang psikiatri, Hans Selye mendefinisikan stres sebagai akibat atas tuntutan atau tekanan yang diberikan kepada tubuh. Tuntutan dapat berupa tekanan mental maupun fisik. Seorang ibu yang mengalami stres, biasanya tidak lagi memiliki fokus dalam mengerjakan pekerjaan rumah.

Karena itu, cobalah untuk mengambil beberapa menit dari waktu Anda. Nikmati pemandangan dari pekarangan rumah atau mandi dan berendam dengan wangi-wangian yang menenangkan. Tentunya setelah Anda menyelesaikan segala ‘kewajiban’ sebagai seorang ibu.

2. Mengistirahatkan otot-otot

Seluruh pekerjaan rumah tangga yang dilakukan oleh seorang full mom tentunya melibatkan otot. Mengambil sedikit waktu untuk berisitrahat dapat membantu Anda melemaskan otot dan tubuh Anda.

Hal itu juga dapat membuat Anda lebih rileks dan mengurangi risiko terkena masalah otot dan tulang, seperti osteoporosis dan penyakit lainnya.

Seorang ibu yang sehat tentu dibutuhkan untuk mendapatkan keluarga yang sehat. Jangan terlalu memaksakan diri, tak ada salahnya untuk sesekali meminta bantuan pada anggota keluarga jika Anda merasa benar-benar lelah.

Anda bisa memulai dengan meminta anak-anak Anda yang telah beranjak dewasa untuk mulai mencuci piring bekas makannya sendiri. Mengajarkan anak untuk menyiapkan perlengkapan sekolah sendiri juga dapat menjadi peluang untuk Anda lebih mengistirahatkan tubuh.

3. Memperpanjang umur

Jika Anda memiliki keluarga besar, Anda mungkin membutuhkan lebih dari 24 jam untuk memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarga.

Tak perlu terlalu memaksakan diri. Terlalu memaksakan diri serta selalu menyalahkan diri atas segala pekerjaan rumah yang tak kunjung selesai dapat memicu depresi.

Banyak penelitian menyebutkan bahwa depresi berhubungan langsung dengan kualitas hidup seseorang. Bahkan depresi juga dapat memperpendek umur Anda.
Mengambil jeda waktu untuk istirahat sejenak dari kesibukan sebagai seorang full mom bisa membuat Anda berpikir lebih jernih dan terhindar dari stres. Hal itu baik untuk membentuk Anda menjadi lebih bijak dan bisa diandalkan. (*)

Komentar

Komentar