Home Breaking News 3 Kriteria ASN PNS Assesment Kandidat Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator

3 Kriteria ASN PNS Assesment Kandidat Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator

263
Alur Registrasi Talent Pool JPT 2017. Foto: Humas Sekab.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyelenggarakan Talent Pool Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama dan Administrator bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memenuhi persyaratan.

“Aplikasi akan secara otomatis menolak peserta yang pernah mengikuti kegiatan Penilaian Potensi dan Kompetensi untuk Penyusunan Talent Pool JPT dan Administrator di BKN pada tahun 2015 dan 2016,” bunyi pengumuman BKN sebagaimana dikutip situs Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), yaitu www.menpan.go.id.

Hal ini guna memenuhi kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional untuk menduduki jabatan strategis.

Bagi para ASN PNS yang ingin mengikuti assesment kandidat Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator, harus memenuhi beberapa kriteria utama.

Pertama, calon peserta sedang menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama atau jabatan administrator dan berusia paling tinggi 56 tahun untuk Pejabat Administrator dan 57 tahun untuk Pejabat Pimpinan Tinggi sebelum tanggal 1 Januari 2017.

Kedua, Pejabat Administrator yang diusulkan adalah mereka yang dinilai berkinerja baik dan memiliki potensi untuk melaksanakan tugas dan fungsi yang lebih kompleks dan strategis.

Ketiga, Talent Pool diutamakan bagi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator yang belum pernah mengikuti penilaian baik di instansi BKN maupun lembaga assessment.

Pelaksanaan Talent Pool JPT di 2017 ini akan dilaksanakan di 14 Kantor Regional dan BKN Pusat. Dengan disebar ke kantor regional, diharapkan pelaksanaan penilaian akan menghemat biaya perjalanan dinas peserta talent pool karena proses penilaian berlokasi di daerah yang relatif dekat dengan lokasi asal.

Sebelumnya, hasil Talent pool Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Tahun 2016 yang dilaksanakan Agustus-September 2016 telah secara resmi diserahkan kepada 40 instansi yang mengirimkan peserta.

Instansi-instansi tersebut antara lain Badan Ekonomi Kreatif, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Badan Narkotika Nasional (BNN), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Adapun instansi daerah meliputi dua pemerintah provinsi, 23 pemerintah kabupaten, dan sepuluh pemerintah kota.

Secara lebih rinci Talent pool JPT 2016 diikuti oleh 223 Pimpinan Tinggi dan 820 Pejabat Administrator, sehingga total diikuti oleh 1043 peserta.

Kegiatan Penilaian Potensi dan Kompetensi untuk Penyusunan Talent Pool JPT dan Administrator Tahun 2017 ini, direncanakan mulai diselenggarakan pada bulan April tahun 2017, dan akan menilai Kompetensi 4000 kandidat JPT dan Administrator. (pemi)

Komentar

Komentar