Home Breaking News 2030, Pemerintah Siapkan Dana Abadi Pendidikan Rp400 Triliun

2030, Pemerintah Siapkan Dana Abadi Pendidikan Rp400 Triliun

151
Foto : Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan ke Mempawah/Rusman-Biro Pers Setpres

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa pemerintah saat ini tengah menyiapkan anggaran khusus untuk sektor pendidikan.

“Kemarin kita hitung-hitung 2030 kita akan mempunyai dana abadi pendidikan kurang lebih Rp400 triliun. Dipakai untuk pendidikan, terutama untuk S2 dan S3 di luar,” ujar Jokowi saat menggelar sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (4/4/2017).

Rp 400 triliun untuk dana abadi pendidikan atau Souvereign Wealth Fund tersebut merupakan dana yang tiap tahunnya ditabung dari 20% anggaran di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Jokowi mengatakan, penganggaran tersebut, dilatarbelakangi dari banyaknya anggaran yang tidak tepat sasaran dan sifatnya rutinitas di Kemendikbud.

“Ini kan anggaran pendidikan banyak sekali dan yang saya lihat, saya buka-buka juga terlalu rutinitas sekali. Semua dihabiskan, dihabiskan tapi enggak tepat guna,” ungkapnya.

Penganggaran untuk Souvereign Wealth Fund tersebut juga langkah pemerintah untuk berinvestasi di sektor pendidikan. “Ini nantinya bertujuan untuk mengelola dana investasi pendidikan bagi generasi yang akan datang,” tuturnya. (pemi)

Komentar

Komentar