Home INTERNASIONAL 11 Orang Peraih Nobel Tahun 2017

11 Orang Peraih Nobel Tahun 2017

86
Anugerah Nobel Perdamaian Dunia di Stockholm Swedia. Foto Capture

STOCKHOLM, CITRAINDONESIA.COM- Anugerah Nobel Perdamaian di ibukota Swedia, Stockholm, Ahad (10/11/2017). Ada 11 orang penerima, tapi 3 hadiah dalam ilmu pengetahuan alam, sastra dan ilmu ekonomi.

Dalam pidato pembukaan, Profesor Carl-Henrik Heldin, ketua dewan Yayasan Nobel, mengatakan ada pergerakan di dunia untuk menantang fakta dan pemikiran rasional dengan menghadirkan pemikiran yang salah dan tindakan yang tidak bertanggung jawab.

Dia memperingatkan bahwa bahkan hak asasi manusia Muslim Rohingya di Myanmar telah diabaikan dalam perlakuan mereka.

Dia mengatakan Alfred Nobel berharap orang akan mengambil tindakan berdasarkan cara berpikir dan penilaian kritis kemanusiaan. Dia mengatakan aspirasi Nobel penting di dunia sekarang.

Pidatonya diikuti oleh pengumuman tentang kontribusi peraih Nobel tahun ini.

Profesor Sara Maria Danius dari Majelis Nobel memuji karya novelis Kazuo Ishiguro, yang mengeksplorasi kenangan dan kelupaan manusia.

Menurutnya bahwa literaturnya memberi orang kaca pembesar untuk meninjau diri mereka sendiri di tengah zaman serba bergolak.

Ishiguro kemudian menerima medali dan sertifikat dari Raja Swedia Carl Gustaf. Saat penonton bertepuk tangan, dia tersenyum dan membungkuk berkali-kali. (oca)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar