Home SPORT Bola 10 Tim Lolos ke Piala Dunia, Indonesia Kapan Lagi Bung!

10 Tim Lolos ke Piala Dunia, Indonesia Kapan Lagi Bung!

201
Tradisi sepakbola api di tengah para siswa pesantern Indonesia.... ngeri coy!

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Hingga kini tercatat 10 Tim Sepakbola se- jagad raya dinyatakan lolos ke ajang terakbar Piala Dunia 2018 di Rusia. Pertanyaannya “Timnas Indonesia kapan lagi Bung!”.

“Itulah pertanyaan tak kunjung terjawab dan entah siapa yang bisa menjawab dan kapan? Sebagai bangsa Indonesia yang katanya sangat besar, kita harus akui bahwa sepakbola kita hancur minah karena egoisme kita.Anak- anak kita itu kalau dibina benar… jangan bola benaran, kepala muda aja biasa jadi bola sepak anak- anak. Bahkan api sekalipun sudah biasa mereak mainkan. Lihat sesekali di pesantren- pesatnter di Pulau Jawa. Mereka sangat tangguh. Untuk itu, harusnya kita malu kepada anak- anak. Ingat! Penduduk negara ini nomor 4 terbanyak di dunia. Tapi kok ya… mencari 15- 20 orang saja alangkah sulitnya untuk membentuk sebuah klub? Negara Katulistiwa ini serba istimewa. Asing tidak punya yang kita punyai, tapi mereka hebat karena mereka mau dan start up? Intinya penyakit ini menahun karena kita terlalu egois. Doyan makanin jatah atlit, dikorup- dipolitisasi. Gimana mau maju,” Moh Irawan, pemerhati masalah persepakbolaan secara tertulis, Senin (9/10/2017).

Ayah empat anak yang juga mantan pemain sepakbola di kotanya daerah Jabar, berujar, sejatinya Indonesia sebagai negara dengan penduduk nomor keempat terbesar di dunia, adalah lumbung pemain sepakbola atau olah raga apapun… negeri ini sejatinya bagai pabrik yang setiap hari bisa ekspor pemain ke luar negeri.

Ronaldo funny

“Bayangkan. Singapura yang cuma berpenduduk sekitar 10 juta atau kurang dari 5 persen pendudik Indonesia, atlit mereka memiliki prestasi spektakuler- berbicara di tingkat dunia. Perenangnya juara olimpiade. Malaysia yang juga negara kecil, mereka jawara Bulutangkis. Itu Lee Chong Wey. Tapi maksud saya, sudah lah. Pak Jokowi harus pecut Koni, KOI, Pak Menpora Imam Nahrawi supaya sepakbola kita ini berkembang. Timnas Indonesia U-19 sudah mulai bagus kinerjanya. Terus tingkatkan fasilitas, perhatikan asupannya, makanannya, uang jajannya, pendidikannya, dan masa depannya”.

“Jangan kayak dulu lagi, atlit sepakbola miskin, bahkan mati gara- gara gak bisa berobat. Elias Pical yang juara dunia tinju, sempat ditangkap polisi gara- gara jual narkoba. Ini kan karena mereka tidak diperhatikan. Mereka hanya dipuji ketika di pentas- turun pentas tak dikenal lagi. Sudahlah.. biar itu potret buran masa lalu. Ayo melangkah ke depan,” paparnya.

Pria yang juga bekas pelari ini, menulis artikel karena merasa iri melihat 10 tim sepakbola dunia yang lolos ke Rusia. “Saya baca bolak- balik artikel citraindonesia.com, yang hampir setiap hari saya baca, tetapi tidak juga nongol tulisan Timnas Indonesia lolos ke Rusia. Media ini dan media nasional lainnya malah sibuk menulis artikel kehebatan- kehebatan tim sepakbola negara lain. Itu promosi gratis bagi asing loh, pikirku. Oh Gusti. Perih rasanya sehingga saya beranjak ke pojok rumah untuk meraih sejadah lalu Sholat Duha dan Tahajut untuk memohon doa restu kepada Sang Khalik supaya ke depan Timnas Indonesia bisa bermain di ajang sepakbola sejagad itu… ,” Irawan berguman dengan menyebut Amin Ya Rab.

Berikut 10 tim lolos ke Piala Dunia Rusia tahun 2018 :

1.Rusia otomatis sebagai tuan rumah
2. Perancis (juara Grup A)
3. Jerman (juara Grup C)
4.Serbia (juara grup D)
5. Polandia (juara Grup E)
6. Inggris (juara grup F)
7. Spanyol (juara grup G)
8. Belgia (juara Grup H)
9. Islandia (juara grup I)
“Sementara Swiss, meski sebagai juara grup B, harus melakoni laga tandang ke Portugal, Selasa depan (10/10/2017). Namun pikirku… sampai kapan bangsa dan negara kami tercinta menjadi penonton?,” celohenya mengakhiri. (adams)

Komentar

Komentar