Home Breaking News 10 Objek Wisata di Ketapang Bikin Liburan Penuh Warna

10 Objek Wisata di Ketapang Bikin Liburan Penuh Warna

147
Objek Wisata di sekitar Ketapang. (Foto: utiket)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Ketapang merupakan kabupaten yang terletak di wilayah selatan di Kalimantan Barat. Daerah ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, yang wajib jadi rekomendari anda untuk liburan.

Berbentuk kepulauan dan berada sangat dekat dengan laut Jawa dan bisa diakses mudah dari Semarang, Jawa Tengah, Ketapang ternyata memiliki objek wisata potensial dan cukup menarik, seperti ekowisata, wisata bahari, wisata sejarah dan wisata seni juga budaya.

Berikut 10 tempat wisata menarik di Ketapang yang bisa bikin liburan anda penuh warna, seperti dikutip dari laman brilio.net :

1. Makam Tanjungpura

Sejarah berdirinya Kota Ketapang tak dapat dipisahkan dengan masa Kerajaan. Di daerah ini pernah berdiri Kerajaan Matan Tanjungpura yang merupakan kerajaan tertua di Kalimantan Barat.

Karena kebesaran namanya, tak ayal sejumlah nama lembaga diabadikan melekat dan menyatu seperti Universitas Tanjungpura Pontianak, dan Kodam XII Tanjungpura yang memiliki wilayah di Kalbar dan Kalteng.

Jika ingin berkunjung, situs Kerajaan Tanjungpura yang terletak di tepi sungai pawan ini berada di Desa Tanjungpura kecamatan Muara Pawan, berjarak sekitar 45 KM dari pusat kota Ketapang. Banyak peziarah yang biasa berkunjung ke tempat ini, sebelum ke sejumlah daerah kecamatan ataupun pulau di Kabupaten Ketapang.

2. Pulau Sawi

Hasil gambar untuk Pulau Sawi

Di pulau ini kamu tidak akan hanya melihat keindahan alam saja, namun juga bisa menemukan wisata pendidikan cinta bahari yang telah dikelola oleh masyarakat dan Pemerintah setempat. Di sini terdapat pula cagar alam dan areal konservasi yang bisa menjadi tujuan wisata menarik. Pulau Sawi ini berlokasi di desa Sungai Tengar, Kecamatan Kendawangan, sekitar 70 Km dari Kota Ketapang.

Kemudian melanjutkan perjalanan dari Sungai Tengar menggunakan kapal bermotor atau biasa disebut oleh warga kapal klotok menuju ke Pulau Sawi yang berjarak 45 menit perjalanan laut. Lagi-lagi, di sini kamu bisa snorkling dan melihat pemandangan bawah laut yang sangat menarik.

3. Pulau Cempedak

Hasil gambar untuk Pulau Cempedak

Berlokasi di Kecamatan Kendawangan, yang berjarak sekitar 90 km dari Kota Ketapang, banyak spot foto menarik dan villa yang berdiri di tempat ini. Sekali lagi, kamu bisa bersantai melepaskan penat dengan berlibur ke tempat ini.

Nah, jika penasaran dengan aktifitas nelayan melaut, di sini kamu juga akan menyaksikan langsung para nelayan menangkap ikan, dan memang daerah ini adalah salah satu wilayah penangkapan ikan.

4. Pulau Sempadi

Hasil gambar untuk Pulau Sempadi

Potensi wisata bahari Pulau Sempadi Kuala Tolak ini memang cukup terkenal di kalangan fotografer dan pecinta alam. Seperti daerah pulau lainnya, Pulau Sempadi juga memiliki eksotisme yang sangat memanjakan mata anda yang ingin berlibur, bahkan melakukan penelitian. Di sini pula terdapa pulau –pulau kecil yang memiliki wilayah pemancingan yang menantang.

5. Pantai Tanjung Belandang

Hasil gambar untuk Pantai Tanjung Belandang

Objek Wisata ini hanya berjarak 12 Km dari pusat kota Ketapang, yang terletak di Desa Sungai Awan Kanan Kecamatan Muara Pawan Kabupaten Ketapang. Di sini juga di Bulan Agustus setiap tahunnya, diadakan Pesta Air, semacam hiburan rakyat, yang disatukan dalam peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Di tempat ini memang sering dijadikan lokasi untuk kegiatan camping, kegiatan kepramukaan, bahkan kejuaraan motor Grasstrack, dan juga volley pantai, dan olahraga pantai lainnya.

6. Keraton Matan

Hasil gambar untuk Keraton Matan

Secara harfiah, Keraton adalah istana penguasa atau daerah tempat seorang penguasa atau raja memerintah. Keraton dan kerajan tertua di Kalbar ini terletak di desa Mulia Kerta, Kecamatan Benua Kayong Ketapang, yang berjarak sangat dekat dengan pusat kota, hanya 4 kilometer saja.

Pada Kerajaan ini dapat dijumpai peninggalan kerajaan masa lalu yang telah berumur ratusan tahun, seperti Meriam Padam Pelita yang konon menurut cerita dibuat oleh makhluk ‘halus.

7. Hutan Kota

Hasil gambar untuk Hutan Kota

Hutan yang terletak tepat di tengah kota ini berfungsi untuk menciptakan iklim mikro dan peresapan air serta fungsi ekologis lainnya. Hutan ini tergolong masih sangat apik, karena terdapat beraneka spesies tumbuhan dan satwa yang bisa ditemui langsung. Selain menjadi tempat outbound, hutan kota juga sering dijadikan lokasi foto prewedding bagi sejumlah pasangan yang akan menikah.

Jika ingin kesini, kamu bisa menuju ke Desa Sukaharja (Dalong) Kecamatan Delta Pawan sekitar 3 kilometer dari pusat Kota Ketapang.

8. Tugu Ale-Ale

Gambar terkait

Tugu ini merupakan maskot Kabupaten Ketapang yang terletak di pusat Kota Ketapang di perempatan Jalan R. Suprapto dan Jalan Jembatan Pawan 1 yang melintasi Sungai Pawan. Ale – Ale adalah jenis kerang bekrulit halus yang menjadi makanan khas dari daerah ini.

9. Pantai Air Mata Permai

Hasil gambar untuk Pantai Air Mata Permai ketapang

Bernama lain Pantai Air Mati, tempat ini berlokasi di Desa Sungai Awan Kanan Kecamatan Muara Pawan, sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Ketapang. Yang menarik, di pantai ini menjadi habitat bagi 27 jenis burung spesies endemik (tidak ada ditempat lain), dan menjadi taman wisata pengamatan burung (Bird Watching).

Di pantai ini juga merupakan kawasan hutan mangrove, berpasir putih dan juga berlumpur. Di bulan tertentu, disini juga kamu bisa melihat ritual adat ‘Bekaluk’, dari warga asli daerah ini, yang tentunya penuh dengan adat dan kebudayaan khas.

10. Taman Nasional Gunung Palung

Hasil gambar untuk Taman Nasional Gunung Palung ketapang

Taman Nasional Gunung Palung yang memiliki luas 90.000 hektar merupakan salah satu kawasan pelestarian alam yang memiliki keanekaragaman hayati bernilai tinggi. Beralamat di Padu Banjar, Simpang Hilir, Ketapang, tempat ini menyimpan berbagai tipe ekosistem antara lain hutan mangrove, hutan rawa, rawa gambut, hutan rawa air tawar, hutan pamah tropika, dan hutan pegunungan yang selalu ditutupi kabut.

Taman nasional ini merupakan satu-satunya kawasan hutan tropika Dipterocarpus yang terbaik dan terluas di Kalimantan. Sekitar 65 persen kawasan masih berupa hutan primer yang tidak terganggu aktivitas manusia dan memiliki banyak komunitas tumbuhan dan satwa liar.

Tercatat ada 190 jenis burung dan 35 jenis mamalia yang berperan sebagai penabur biji tumbuhan di hutan. Jika beruntung, anda juga bisa bertemu Orang Utan asli Kalimantan di tempat ini. (*)

Komentar

Komentar