Home Breaking News 10 Menu Sarapan Sehat dan Praktis

10 Menu Sarapan Sehat dan Praktis

311

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Di pagi hari, banyak orang yang memilih melewatkan sarapan karena berdalih tak punya waktu. Padahal, sarapan memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh. Salah satunya, sarapan membantu meningkatkan daya konsentrasi dalam bekerja dan belajar.

Berikut ini 10 menu sarapan sehat yang dapat Anda siapkan dan nikmati tiap harinya dalam waktu kurang dari 10 menit di atas meja makan sambil duduk di kursi makan yang nyaman.

1. Telur orak-arik

Telur orak-arik atau yang juga dikenal dengan nama scrambled egg ini merupakan menu sarapan yang amat praktis, namun tetap bergizi. Sebagai variasi, Anda bisa menambahkan sayuran, seperti wortel, jagung, atau jamur ke dalamnya. Keju parut pun akan menambah kelezatan menu yang satu ini. Jika Anda ingin lebih kenyang, cukup selipkan telur orak-arik di tengah roti tawar. Praktis, bukan?

Bahan yang dibutuhkan, yakni: Telur dan Sayur potong (wortel, jagung, atau jamur). Dapat disajikan dalam hanya waktu 5-8 menit saja.

2. Sereal

Berbagai macam sereal sangat mudah ditemui di supermarket sehingga Anda tinggal memilih sereal apa yang paling disukai oleh keluarga. Penyajiannya yang mudah dan gizi yang cukup lengkap membuat sereal menjadi salah satu menu sarapan favorit keluarga. Jika selama ini Anda mencampur sereal dengan susu, cobalah menggantinya dengan yogurt. Tambahkan pula beberapa potong buah-buahan segar.

Bahan yang dibutuhkan, yakni: Sereal; Yogurt atau Susu; dan Buah-buahan. Waktu yang dibutuhkan: 3-5 menit.

3. Buah dan keju

Bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan, menu ini sangat cocok bagi Anda. Cukup potong-potong buah favorit Anda, misalnya buah apel, dan sajikan bersama keju cheddar. Asupan vitamin dari buah dan kalori dari keju akan membuat Anda tetap fit menjalani aktivitas sepanjang hari.

Bahan: Apel dan Keju cheddar. Waktu yang dibutuhkan: 3-5 menit.

4. Smoothies

Jika Anda mempunyai segudang kesibukan di pagi hari, smoothies bisa menyelamatkan nutrisi sarapan Anda. Sebab, smoothies bisa disiapkan dalam hitungan menit saja. Smoothies yang paling cocok untuk menu sarapan adalah perpaduan pisang dengan stroberi yang diblender dengan susu rendah lemak. Untuk membuat smoothies yang lebih mengenyangkan, Anda bisa menambahkan oatmeal atau buah beku ke dalamnya. Menu sarapan yang satu ini pun bisa Anda nikmati di mana saja.

Bahan: Buah-buahan (seperti apel, pisang, dan stroberi); Susu rendah lemak; dan Oatmeal. Waktu yang dibutuhkan: 5-10 menit.

5. Roti bakar

Menu sarapan yang satu ini sangat populer, terutama di negara Barat. Hal ini tak mengherankan karena kandungan gizi yang terkandung dalam roti dan selai mampu menjaga aktifitas Anda sepanjang hari. Biasanya, roti bakar dibuat dengan mesin toaster. Namun, jangan khawatir jika Anda tidak memiliki toaster. Manfaatkan teflon yang telah diolesi dengan sedikit margarin untuk membuat roti bakar lezat versi Anda.

Bahan: Roti dan Selai. Waktu yang dibutuhkan: 3-5 menit.

6. Pancake

Membuat pancake ternyata sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan tepung terigu, telur, susu cair, dan margarin. Campurkan semua bahan itu, kemudian masak di teflon agar tak lengket. Sajikan bersama sirup gula atau madu. Jika ingin sedikit bereksperimen, Anda bisa menambahkan potongan buah dan beberapa scoop eskrim di atasnya. Selain lezat dan bergizi, menu yang satu ini pun akan mengenyangkan Anda dan keluarga.

Bahan: Tepung terigu; Telur; Susu cair; Margarin; Sirup gula atau Madu. Waktu yang dibutuhkan: 4-8 menit.

7. Sandwich

Menu sarapan yang satu ini pasti sudah familiar bagi Anda. Sandwich memang populer disantap ketika sarapan karena kandungan gizinya yang cukup lengkap dari sayur, keju, telur, dan daging asap. Sandwich juga dapat Anda bawa sebagai bekal makan siang yang amat praktis.

Bahan: Roti tawar; Sayur; Keju; Telur; Daging asap. Waktu yang dibutuhkan: 5-10 menit.

8. Onigiri

Kebanyakan orang Indonesia merasa tidak lengkap bila tak memasukkan nasi ke dalam menu makanan, termasuk ketika sarapan. Jika Anda merasa demikian, menyantap onigiri saat sarapan bisa jadi menu favorit Anda. Tak perlu waktu lama untuk menyiapkan onigiri, terutama jika Anda sudah memiliki persediaan nasi. Cukup membentuk bulatan dengan nasi, mengisinya dengan isian sesuai selera, lalu memberi nori atau lembaran rumput laut sebagai pengikatnya. Serunya lagi, Anda bisa berkreasi dengan isian onigiri; mulai dari daging ayam, telur, abon, atau hanya garam.

Bahan: Nasi putih dan Lembaran rumput laut. Waktu yang dibutuhkan: 4-8 menit.

9. Salad buah

Menu yang satu ini bisa Anda buat sekaligus dalam porsi besar, lalu disimpan di kulkas untuk sarapan berikutnya. Sangat efisien, bukan? Menyajikan salad buah pun tak membutuhkan waktu lama karena Anda hanya perlu mencampurkan potongan buah favorit Anda dengan yoghurt, susu kental manis atau madu, dan sedikit perasan jeruk lemon. Tak perlu ragu dengan kandungan gizi yang terkandung dalam menu ini karena vitamin dalam buah-buahan pasti sangat menyehatkan.

Bahan: Buah-buahan. Waktu yang diperlukan: 3-5 menit.

10. Oatmeal

Penyajian oatmeal hampir sama dengan sereal. Bedanya, ada jenis oatmeal tertentu yang harus dimasak. Untuk menghemat waktu, pilihlah oatmeal yang hanya perlu diseduh dengan air panas. Sayangnya, di Indonesia oatmeal belum populer karena rasanya yang hambar. Padahal, kandungan serat yang terkandung di dalamnya sangat tinggi. Untuk itu, Anda bisa menambahkan madu dan potongan buah untuk rasa yang lebih mengundang selera.

Bahan: Oatmeal; Madu; dan Buah-buahan. Waktu yang diperlukan: 3-6 menit.

Komentar

Komentar